Minggu, 09 September 2012

PON Dumai

DUMAI -  Pelaksanaan pembangunan proyek yang kini sedang digesa di Simpang Sukajadi dipersiapkan untuk pembangunan Tugu PON. Tugu tersebut merupakan bantuan dari PT Bank Riau Kepri Dumai dengan anggaran Rp200 juta yang ditargetkan rampung sebelum acara pembukaan PON Riau XVIII pada 13 September 2012 mendatang.

Sempitnya waktu pengerjaan membuat sejumlah pihak pesimis tugu berbentuk maskot Burung Serindit memegang obor tersebut terealisasi dalam waktu yang nyaris hanya tinggal dua pekan lagi. Sebagaimana diungkapkan Isnanu, Koordinator Kirab Pelaksanaan PON Riau di Dumai ini mengaku pesimis pengerjaan berlangsung tepat waktu. ‘’Waktunya terlalu sempit hanya tinggal dua pekan lagi sementara itu sejauh ini cuaca di Dumai tidak mendukung karena tengah masuk musim penghujan,’’ ungkapnya seperti dikutip dumaipos.

Dibagian lain pembangunan tugu PON menuai kritikan oleh segenap elemen masyarakat. Selain terkesan mubazir banyak juga diantaranya yang tidak sependapat jika pembangunan Tugu tersebut harus dilaksanakan di Simpang Sukajadi dan notabene harus menghancurkan tugu kapal lancang kuning yang sejak belasan tahun ini telah menjadi icon kota Dumai.

Rudi, salah seorang warga Dumai meyayangkan Pemko Dumai tidak memiliki masterplan yang jelas terkait pembangunan tugu tersebut. ‘’Simpang Sukajadi dengan Icon kapal lancang kuning sudah familiar dan akrab di tengah masyarakat, lantas kenapa harus dipaksakan di sana padahal masih banyak tempat yang lebih layak misalnya di Taman Bukit Gelanggang yang nota bene kini telah menjelma sebagai pusat rekreasi di Kota Dumai,’’ tukasnya.

Sejumlah pejabat ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengaku, penempatan lokasi merupakan hasil rapat yang dilakukan bersama dengan Walikota Dumai, H Khairul Anwar.
Kabid Pertamanan Dinas Tata Kota Kebersihan dan Pertamanan Kota Dumai Khairil Adli mengungkapkan dalam pelaksanaan pembangunan tugu tersebut pihaknya sama halnya dengan Dinas PU dan Perhubungan serta instansi terkait lainnya telah memberikan penegasan rekomendasi.

‘’Di tata Kota rekomendasi yang kita keluarkan Pembangunan tugu harus memenuhi unsur estetika dan semangat kemelayuan,’’ sebutnya. Lebih lanjut Adli menjelaskan dalam desainnya tugu PON tersebut memiliki 4 tapak sebagai makna Dumai memiliki empat suku bangsa yang besar dan dihiasi pilar-pilar berornamen melayu. Sedangkan dibagian atasnya dibuat persis menyerupai maskot PON Riau XVIII berupa burung Serindit membentangkan sayap memegang api obor.

Sementara itu informasi yang beredar dilapangan penempatan lokasi tugu PON di Simpang Sukajadi yang terletak tidak jauh dari gedung Bank Riau Kepri Cabang Dumai sebagai bentuk apresiasi terhadap sumbangsih Bank Riau Kepri Cabang Dumai telah bersedia memberikan kontribusi bagi pembangunan tugu tersebut.

Dikonfirmasi Dumai Pos Direktur PT Bank Riau Kepri Nailan menegaskan bahwa penempatan lokasi pembangunan tugu merupakan hasil rapat Walikota Dumai beserta dengan jajaran. Katanya pihak Bank Riau sejauh ini tidak pernah mengintervensi.

‘’Kita hanya melaksanakan pembangunan tugu sebagaimana instruksi Walikota Dumai, pembangunan itu merupakan sumbangan dari PT Bank Riau sebagai bentuk partisipasi menyukseskan helat empat tahunan yang kali ini dilaksanakan di Bumi Lancang Kuning ini,’’ tukasnya.

Sementara itu disinggung terkait kesiapan Nailan mengaku optimis pengerjaan Tugu PON terealisasi tepat waktu. ‘’Setakat ini hampir merampungkan pengerjaan tapak yang nantinya dilanjutkan dengan pengecoran pilar sedangkan pemasangan maskot telah melewati proses cetak, kita optimis pengerjaannya rampung sebelum acara pembukaan,’’ terangnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar